Rabu, 12 Maret 2014

Metode Mengukur Laba dan Pertumbuhan Bisnis



Menghasilkan laba atau pendapatan adalah tujuan dari suatu bisnis, semakin besar laba yang anda hasilkan akan mencerminkan semakin baik dan berkembangnya bisnis anda. Namun untuk mengukur kemajuan dan tingkat pertumpuhan suatu bisnis atau usaha tidak hanya cukup dengan sekedar mengukur besar laba.


Ada beberapa metode untuk mengukur tingkat pertumbuhan dan kemajuan suatu usaha, yaitu :

1. EAT (Earning After Tax)

EAT adalah laba bersih setelah pajak, cara menghitung EAT adalah : Penjualan Bersih atau Omset dikurang Semua Biaya dan Pajak. Cara ini untuk mengetahui seberapa besar laba sesungguhnya atau keuntungan bersih usaha.

2. Profit Margin (PM)

Profit Margin adalah cara mengukur kemampuan suatu usaha didalam menghasilkan laba dari kegiatan usahanya. Cara menghitung Profit Margin adalah : PM = (Total Laba Bersih / Total Penjualan) X 100%. Sebagai contoh apabila dalam suatu usaha mampu menghasilkan laba bersih sebesar Rp.10.000.000 per bulan, dengan total omset/total penjualan sebesar Rp.50.000.000 per bulan, dengan rumus diatas dapat dihitung Profit Margin nya adalah (Rp.10.000.000 / Rp.50.000.000 ) X 100 % adalah sebesar 20 %, sehingga dapat disimpulkan usaha tersebut mampu menghasilkan laba sekitar 20 % perbulan.

3. Return On Equity

Return On Equity (ROE) adalah cara mengukur seberapa besar tingkat pengembalian atas modal yang telah disetor dalam suatu usaha. Cara menghitungnya adalah ROE = (Total Laba Bersih / Total Modal) X 100%, misal untuk suatu usaha kita mengeluarkan modal awal sebesar Rp.10.000.000, laba bersih per bulan sebesar Rp.1.000.000,-  maka dari rumus diatas diperoleh ROE nya adalah sebesar 10% atau tingkat pengembalian dari usaha tersebut adalah sebesar 10% perbulan dari modal sebesar Rp.10.000.000,- yang telah kita keluarkan.

Dari ketiga metode diatas dapat membantu kita mengetahui seberapa besar keuntungan sesungguhnya dari usaha, seberapa besar persentase tingkat keuntungan yang kita peroleh dari usaha dan seberapa lama modal yang kita tanamkan untuk suatu usaha akan kembali.

Semoga bermanfaat..

20 komentar:

  1. wah istilahnya pada asing-asing semua ya mas

    BalasHapus
  2. hehehe iya mas istilah ekonomi, tapi kan ada penjelasannya mas :)

    BalasHapus
  3. baru tahu istilah yg disebutkan di atas..

    BalasHapus
  4. iya mas,istilah nya asing nih, terima kasih sudah berkunjung mas JIM :)

    BalasHapus
  5. sip, langsung saya terapin sob... terutama untuk bisnis saya

    BalasHapus
  6. wah, mas Rozi ini pasti jago matematikanya ya... ^_^

    BalasHapus
  7. @Penghuni 60 : oke, Sip Mas Wawan

    @Tempus Vernum : hehehe gak juga kok mas :)

    BalasHapus
  8. Makasih pencerahan ilmu ekonominya mas bro, ... penting tapi sederhana dan mudah dimengerti, ditunggu artikel ekonomi yg lain.^_^

    BalasHapus
  9. @percetakan : oke terimakasih banyak mas :)

    BalasHapus
  10. makasih infonya menjadi pembelajan bagi saya

    BalasHapus
  11. laba dan kerugianya harus di perhitungkan

    BalasHapus
  12. Mkasih infox om..
    Salam sukses

    #calonPengusahaSukses
    #amin

    BalasHapus
  13. Mas kalau mencari akumulasi itu gmna

    BalasHapus