Selasa, 18 Februari 2014

Membuat Blog Lebih dikenal dan Banyak dikunjungi


Sebagai seorang Blogger, tentunya kita akan merasa sangat senang apabila blog kita ramai dikunjungi, hal tersebut bukan hanya sekedar meningkatkan traffik blog, namun juga akan memberikan kepuasan tersendiri bagi kita selaku pemilik blog.

Berawal dari rasa ingin tahu untuk membuat sebuah blog, kemudian berlanjut dengan rasa penasaran dan kebingungan dengan blog yang sudah jadi tapi sepi bahkan tidak ada pengunjung, Saya coba mencari tahu langkah apa saja yang harus saya lakukan agar blog Saya lebih dikenal (minimal ada sedikit pengunjung, lumayanlah hehe) ternyata untuk membuat blog kita ramai dikunjungi bukanlah sesuatu yang mudah, selain kita harus rajin membuat postingan yang menarik dan blog kita juga harus memenuhi Kriteria SEO agar lebih mudah dibaca dan di kenal oleh mesin Search Engine.


Didunia blogger, Saya masih pemula alias newbie, untuk membuat blog yang sepenuhnya harus sesuai dengan Kiteria SEO, rasanya masih dalam perjalanan dan tahap pembelajaran yang panjang,  sehingga Saya berkesimpulan ada beberapa hal yang patut Saya lakukan agar blog Saya lebih dikenal, yaitu :
  1. Rajin mencari tips dan trik dari blogger lain.
  2. Memberikan Komentar pada artikel-artikel yang kita baca di blog lain, karena dengan cara ini kita akan dikenal oleh pemilik blog dan para pengunjung lainnya.
  3. Banyaklah bertanya kepada para blogger senior
  4. Carilah Blogger yang dapat memberikan inspirasi bagi kita.
Dengan melakukan keempat langkah diatas, akhirnya Saya menemukan tips yang sangat berguna dan bermanfaat terhadap peningkatan Traffik blog Saya, tips nya sebagai berikut :
  1. Buatlah postingan yang rutin dan original.
  2. Ikutilah Lomba Review Blog yang diadakan situs terkenal.
  3. Submit Artikel kita pada portal berita (seperti Vivalog).
Ketiga tips tersebut Saya peroleh ketika membaca artikel yang di publish oleh Vivalog yang berjudul “Trik Jitu Agar Blog Kebanjiran Pengunjung yang ditulis oleh Mas Wawan Setiawan, pemilik Blog Penghuni 60. Saya coba untuk mengikuti tips tersebut dan kebetulan Mas Wawan mengadakan Lomba Review Blog dalam rangka ultah yang keempat blog tersebut, ternyata hasil dari mengikuti lomba review blog penghuni 60, sungguh luar biasa dan berpengaruh secara signifikan terhadap Traffik blog Saya, maklum sebagai seorang blogger pemula dimana blog Saya belum dikenal dan masih miskin akan postingan, tiba-tiba blog Saya ramai dikunjungi oleh para pembaca dan blogger lainnya setelah saya membuat artikel untuk lomba review blog karena artikel yang saya posting di dikasih backlink oleh blog penyelengara lomba tersebut.

Saya ikuti juga saran lainnya dari Mas Wawan agar kita Submit artikel di Portal Berita seperti Vivalog. Melalui blog milik Saya yang lain, dengan nama blog Data Palembang, Saya membuat artikel yang berjudul “ Legenda Pulau Cinta di Tengah Sungai Musi ” kemudian Saya submit artikel tersebut di Vivalog, Alhamdulillah, dan tak lupa Saya ucapkan terimakasih kepada admin Vivalog yang telah berkenan untuk mempublish artikel Saya tersebut, sekali lagi hasilnya sungguh menyenangkan hati Saya, Blog Saya saat itu juga langsung kebanjiran oleh para pengunjung.

Berikutnya hal yang tidak kusangka, hanya dengan niat awal sekedar coba-coba dan mengikuti tips yang dianjurkan,  eh ternyata tulisan Saya untuk Lomba Review Blog Penghuni 60 yang berjudul “The Inspirator Blog”, memperoleh juara ketiga. Alhamdulillah sudah mendapat pengunjung yang jauh lebih banyak dari sebelumnya, dapat pulsa, dapat backlink gratis dan dapat award keren juga yang bisa dipajang di blog, oh ya ini dia awardnya :

4 Years of Blogging Award

Ternyata Mas Wawan gak bohong, Tips dan Trik yang diberikannya memang ampuh dan sungguh bermanfaat, oke sekali lagi lewat tulisan ini Saya ucapkan terima kasih banyak kepada Mas Wawan pemilik Blog Penghuni 60, dan kami tunggu Tips berikutnya.


Thanks to Penghuni 60, You are realy The Inspirator Blog.







5 komentar:

  1. wah, selamat sob untuk juara ketiganya, dan juga blogger baru tapi hebat bisa langsung ramai pengunjung... :)
    saya aja buat akun sebenarnya udah dari dulu (masa SMA) tetapi baru sekarang kayaknya mulai aktif nge-blog...
    jadi blogger pemula yg udah tua... :D

    BalasHapus
  2. hehehe thanks mas, untuk blog ku yang ini memang baru bulan desember kemaren saya bikin mas, tapi blog saya yang satunya sebenarnya sudah cukup lama saya bikin mas sekitar tahun 2012 tapi setelah bikin blog gak pernah kuurus bahkan kubuka juga gak pernah, karena kesibukan saya mas, baru ini mulai saya urus lagi.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. wah, akhirnya diposting juga ya mas? mksh ya udah diposting. Terima ksh juga atas segala perhatian dan ucapan2nya yg secara tdk langsung memberikan dorongan motivasi kpdku utk trs memberikan postingan2 yg bermanfaat utk blogger semua.

    Sekali lagi terima ksh mas Rozi... backlink yg mengarah ke postingan ini sudah aku pasang... :D

    BalasHapus
  5. @Penghuni 60 : Oke, sama-sama mas Wawan, :)

    BalasHapus

Hosting Gratis